Metro

Aksi di Jalan akan Ditertibkan, Pemkot Balikpapan Tunjuk PMI Buka Posko Utama Bantuan Sulbar dan Kalsel

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi

KOTAKU, BALIKPAPAN-Seperti yang diketahui bersama akibat bencana alam yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menggugah sejumlah warag Balikpapan untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan cara menggalang bantuan di persimpangan jalan.

Terkait itu, Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi akan melakukan penertiban. “Kami akan tertibkan. Saya sudah melihat sendiri (penggalangan dana di simpang jalan,Red),” ucapnya.

Rizal mengatakan bahwa sudah berkoordinasi dengan PMI untuk pelaksanaan bantuan bagi korban bencana alam Sulbar dan Kalsel. Nantinya, PMI yang akan mengatur strateginya. Namun masih menunggu kesiapan PMI menjadi posko utama untuk penanggulangan dana tersebut.

“Bagi mereka yang ingin berpartisipasi maka bergabung dengan PMI. Jadi nanti kami tidak memperkenankan di simpang jalan, karena rawan. Tadi Kepala PMI datang ke saya, segera kami tindaklanjuti, yang koordinir PMI supaya pertanggungjawabannya jelas,” serunya.

Selain menunjuk PMI, Pemkot Balikpapan juga berencana memberikan bantuan. “Ya. Kalau pemerintah dari APBD, makanya masih dikaji Sekretaris Daerah, apakah itu (diambil dari) Dana Tidak Terduga (DTT),” urainya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Kota Balikpapan turut membantu korban bencana. Masing-masing yang terjadi di Padang, Aceh termasuk Palu. Khusus bencana alam yang menimpa Palu, Pemkot Balikpapan memberikan bantuan sekitar Rp1 miliar. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top